Beberapa Tips dalam Membeli Rumah Secondary

Beberapa Tips dalam Membeli Rumah Secondary

Tampak Samping Rumah di Bintaro Sektor I

Membeli rumah bekas/second gampang-gampang susah, kita harus lebih teliti sebelum kita jadi membelinya. Karena kita harus mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan di depannya. Misalnya, biaya perbaikan, status legal rumah, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, membeli rumah bekas/second itu tidak sulit sepanjang kita memiliki parameter yang baik dalam mengambil keputusan untuk membelinya.

Berikut beberapa Tips ketika Membeli rumah bekas/second:

  1. Budget atau Anggaran

Hal pertama yang harus kita pikirkan adalah budget atau anggaran dalam membeli rumah. Apakah kita akan membeli secara tunai atau dengan kredit melalui KPR.

Jangan sampai keputusan yang kita ambil akan membebani terlalu berat kedepannya, pikirkan juga, budget untuk merenovasi atau memugar rumah tsb.

  1. List/Daftar Rumah
    Buat list/daftar rumah bekas/second yang dijual di daerah yang ingin kita tempati. Ada beberapa target rumah yang kita inginkan, segera cari informasi mulai dari harga, kondisi rumah, legalitas surat-surat dsb. Perlu juga kita survey langsung, rumah yang kita list tsb. Perlu diperhatikan juga beberapa aspek dilingkungan sekitar sehingga kita bisa tinggal di rumah dengan nyaman dan aman. Mulai dari akses, sarana dan prasarana, keamanan, serta kenyamanan.
  1. Legalitas Surat-Surat

 Cek kelengkapan surat-surat rumah tersebut. Lebih baik jika rumah bekas/second yang kita pilih, sudah memiliki legalitas yang lengkap yaitu sudah dalam bentuk Sertifikat Hak Milik(SHM), ada PBB( Pajak Bumi dan Bangunan) dan lebih lengkap lagi memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Serta perhatikan juga apakah rumah tersebut berada didalam jalur hijau atau tidak.

 

  1. Pilih Agen Property yang terpercaya.

Baiknya kita pilih agen property atau property consultant yang terpercaya. Agen property yang baik akan memberikan masukan dan informasi yang sebenarnya tentang rumah bekas/second yang mereka jual. Dan dapat membantu kita mencarikan KPR.

sales salaman

Demikian beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat jika anda akan memilih untuk membeli rumah bekas/second.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *